Minggu, 27 Juli 2008

Manisan Buah-buahan


Inilah dia makanan khas dari cianjur yang terbuat dari buah-buahan segar. Manisan yang berasal dari cianjur mempunyai keunikan tersendiri karena selain terbuat dari buah-buahan segar juga diracik dengan bumbu-bumbu tertentu yang mana daerah lain tidak memilikinya. Manisan yang diproduksi di bagi dalam 3 kelompok 1) Manisan Cair/basah (Mangga, Salak, kedondong) 2) Manisan Kering (Pala, Pepaya, Mangga, dll), 3) Manisan Setengah Kering (Cermai, Belimbing, Cheri dll).


Cara Pembuatan :
Manisan Cair : Buah di kupas, diiris-iris, dicuci dengan air bersih, basahi dengan air hangat kuku, keringkan sampai kering angin, diberi air gula (1 Liter air + 1 Kg. Gula Putih), 1 Kg buah membutuhkan ),5 Liter air Gula atau sampai terendam, kemudian dibiarkan minimal 3 hari, dan buah siap untuk dikonsumsi. Ketahanan manisan basah ini adalah 1 bulan.
Manisan Setengah Kering/Basah : Belimbing di press dibuang getahnya, diambil ampasnya, dimasak sampai mendidih, bila perlu tambah pewarna makanan. Lalu diberi gula dengan perbandingan 1 Kg belimbing + 1 Kg Gula, diberi air secukupnya (sampai terendam) lalu dimasak, bila gula sudah mengental diangkat. Manisan setengah basah tahan untuk 2 bulan
Manisan Kering : Buah di kupas, dimasak, ditaburi gula sampai kering (1 Kg Gula + 1 Kg buah). Manisan kering tahan selama 3 bulan.


Untuk mengantisipasi tidak musim buah, sementara pada musim buah, buah membanjir maka dilakukan stock buah yaitu dengan cara merendam dengan air garam 1 Liter air + 0,5 Kg garam, perendaman dilakukan antara 1 minggu s.d. 1 bulan. Sebelum digunakan stock dicuci dengan air bening lalu dengan air hangat.


Pemasaran dilakukan untuk daerah Purwakarta, Subang, Bogor, Bandung, Jakarta, Cianjur, tanpa menggunakan Label. Pemasangan label dilakukan oleh toko penjual manisan. Kalau untuk pemasaran di daerah cianjur terletak di sekitar area ramayana, jalan raya cianjur, jalan raya bandung (rawabango), dan sepanjang jalan cipanas serta puncak.

2 komentar:

aliccehavana mengatakan...

Bagaimana cara membelinya?? saya tertarik untuk menjualnya

adinew mengatakan...

Makasih ya atas sharenya sangat bermanfaat sekali
Resep manisan kolang kaling